Pemasaran Konvensional dan Digital serta Motivasi Kerja untuk Pengembangan Usaha Kuliner di Surabaya

Fariz, Fariz and Hafidulloh, Hafidulloh and Santosa, Agus Budhi and Wahjunianto, Hamy and Herwoto, Henky and Winarsih, Tutik and Resmawa, Ira, Ningrum and Sabella, Rina Indra and Masruroh, Siti Pemasaran Konvensional dan Digital serta Motivasi Kerja untuk Pengembangan Usaha Kuliner di Surabaya.

[img] Text
Laporan PKM Minang MP-MSDM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan dosen berupa penyuluhan tentang pemasaran konvensional dan digital serta motivasi kerja untuk pengembangan usaha kuliner di Surabaya yang bertempat di Sentra Kuliner Minang, Surabaya ini merupakan salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh sembilan orang dosen dari Program Studi Magister Manajemen dan Manajemen, STIE YAPAN Surabaya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan pedagang kuliner tentang pemasaran konvensional dan digital serta motivasi kerja untuk pengembangan usaha kuliner. Pengabdian tersebut dilakukan dengan melakukan kunjungan dan penyuluhan ke Sentra Kuliner Minang, Surabaya pada hari Selasa siang, tanggal 24 Januari 2023. Kegiatan ini mengundang Koordinator Sentra Kuliner tersebut serta para pedagang kuliner di tempat tersebut. Pengabdian telah berjalan dengan lancar dan hampir semua pedagang kuliner yang ada, hadir dalam acara tersebut. Mereka juga menyambut baik kegiatan tersebut karena selain mendapat pengalaman dan pengetahuan dari dosen STIE YAPAN, mereka juga bisa menyampaikan keluhan tentang cara yang tepat mengembangkan usaha kuliner khususnya dalam hal pemasaran konvensional dan digital serta motivasi kerja. Selain itu, para dosen juga mencicipi produk-produk mereka serta berdiskusi seputar dua materi tersebut pada usaha mereka. Dalam hal pemasaran, seperti yang disampaikan oleh para Dosen STIE YAPAN, pedagang banyak memanfaatkan media social dan media konvensional seperti banner dan lain – lain. Selain itu, beberapa pedagang sudah menerapkan alat pembayaran digital (ewallet) dalam transaksi mereka seperti GoPay, Shopee Pay, Dana, dan lain-lain. Sedangkan, motivasi kerja para pedagang juga cukup baik, yaitu dengan mengharapkan penghasilan yang cukup dan membantu perekonomian keluarga.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Ismi Putri Merdekawati
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:40
Last Modified: 12 Oct 2023 06:40
URI: http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item