Analisis Pengembangan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Rumah Sakit Di Malang Raya

Winarsih, Tutik (2020) Analisis Pengembangan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Rumah Sakit Di Malang Raya. (Unpublished)

[img] Text
Paper Tutik Winarsih 2020.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan usaha yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia, melihat kondisi yang penting dan strategis dalam masalah kesehatan ini, maka diperlukan pembangunan fasilitas, sistem manajemen dan pelaksanaan yang memadai di Rumah Sakit yang merupakan bagian dari sistem kesehatan nasional dituntut untuk meningkatkan kualitas penyediaan fasilitas, pelayanan dan kemandirian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah Rumah Sakit di Kota dan Kabupaten Malang sudah berorientasi pasar yang berfokus pada pelanggan, serta bagaimanakah kondisi kinerja Rumah Sakit yang berfokus pada pelanggan, pesaing, koordinasi antar fungsi ,fokus jangka panjang serta pertumbuhan menyeluruh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk orientasi pasar di Rumah Sakit Kota dan Kabupaten Malang, serta untuk mengetahui kinerja Rumah Sakit berdasarkan orientasi pasarnya.Informasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan keputusan manajerial dalam upaya mengadakan perubahan -perubahan organisasi serta sebagai bahan referensi guna penelitian lanjutan, khususnya di sektor Rumah Sakit. Lokasi penelitian ditetapkan di Kota dan kabupaten Malang. Populasi penelitian adalah 91 pimpinan Rumah Sakit, dan pengambilan populasi dilakukan secara sensus. Analisis yang digunakan adalah Kluster untuk mengelompokkan responden untuk menjadi homogen, serta Manova dengan uji peringkat ganda Duncan untuk menguji kinerja Rumah Sakit kinerja Rumah Sakit ketika berhubungan dengan orientasi pasar. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1). Fokus pada pelanggan sebesar 9,09 % Rumah Sakit, penekanan tertinggi pada pelanggan dari empat kelompok lainnya, fokus pesaing dibawah rata-rata pada kelompok tersebut, kinerja tertinggi pada tingkat hunian, serta kinerja terendah pada keberhasilan jasa baru. (2). Fokus Komprehenship menunjukkan 36,36 % Rumah Sakit, penekanan pada pelanggan, pesaing serta koordinasi antar fungsi, kinerja tertinggi pada kontrol biaya operasi dan kinerja terendah pada keberhasilan jasa baru. (3). Fokus pada koordinasi antar fungsi,menunjukkan 22,73 % Rumah Sakit, penekanan tertinggi pada koordinasi antar fungsi dari kelompok lainnya,fokus pesaing dibawah rata-rata pada kelompok tersebut, kinerja tertinggi pada tingkat hunian, kinerja terendah pada pertumbuhan pendapatan menyeluruh.(4) Fokus tidak berkembang, menunjukkan 31,82 % Rumah Sakit, penekanan tertinggi pada fokus jangka panjang dari keempat kelompok lainnya, fokus pesaing dibawah rata-rata pada kelompok tersebut, kinerja tertinggi pada tingkat hunian, serta kinerja terendah gross profit margin.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Perpustakaan > Jurnal
Depositing User: Ismi Putri Merdekawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:24
Last Modified: 17 Jun 2020 04:24
URI: http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item